Beberapa Kondisi yang Mengharuskan Anda Menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam Gastroenterologi Hepatologi di Jakarta Pusat - Thomasdepourquery.com

Thomasdepourquery.com

Blog Thomas

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Beberapa Kondisi yang Mengharuskan Anda Menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam Gastroenterologi Hepatologi di Jakarta Pusat

Share This
Dokter gastroenterologi hepatologi

Internal medicine atau ilmu penyakit dalam merupakan spesialisasi medis untuk diagnosis, perawatan dan pencegahan penyakit pda orang dewasa. Internist atau spesialis penyakit dalam adalah orang yang menangani berbagai penyakit dalam. Internist memiliki pengetahuan dan kompetensi menyeluruh terhadap pengelolaan medis penyakit dalam yang mempengaruhi organ tubuh dan kondisinya serius. Biasanya dokter umum yang sering Anda kunjungi juga menguasai bidang penyakit dalam, tetapi memiliki keterbatasan dari segi fasilitas dan kompetensi. Sehingga seringkali pasien dirujuk kepada dokter spesialis yang tepat. Misalnya Anda bermasalah dengan sistem pencernaan, maka Anda akan dirujuk kepada dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi di Jakarta Pusat 

Bidang gastroenterologi hepatologi merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan dan organ hati. Beberapa diantaranya mengobati dan mencegah gangguan pankreas, kantong empedu, perut, usus halus atau usus besar dan kerongkongan. Jenis penyakitnya meliputi hepatitis, pankreatitis serta kanker cerna dan hati. Gejala umum yang sering terjadi ialah sakit perut atau nyeri ulu hati, maag berulang dan tidak kunjung sembuh, mudah lelah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, demam, muntah darah atau buang air kecil keluar darah tanpa sebab pasti, warna kulit dan bagian putih mata menjadi kuning dan sebagainya.

Dokter spesialis ini akan melakukan berbagai upaya pengobatan sesuai jenis penyakit dan prosedurnya karena memiliki wawasan dan kompeten dibidangnya. Lebih khususnya, dokter akan menangani beberapa kondisi diantaranya sebagai berikut:

1. Tukak lambung
Hal tersebut terjadi karena munculnya luka pada dinding lambung akibat pengikisan lapisan dinding lambung. Umumnya gejala yang ditimbulkan seperti nyeri lambung yang hebat serta terasa pada area ulu hati.

2. Asam lambung
Biasanya ditandai dengan nyeri pada ulu hati seperti ada yang terbakar di dada. Hal ini diakibatkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

3. Radang pankreas
Pankreas mengalami peradangan karena gangguan enzim yang terdapat di dalam saluran cerna.

4. Irritable bowel syndrome
Kondisi ini merupakan gangguan jangka panjang yang terjadi pada sistem pencernaan dengan menyerang usus besar. Gejala yang muncul ialah perut kembung, diare dan mual.

5. Hepatitis
Infeksi virus menjadi penyebab utama penyakit hepatitis. Penyakit tersebut bermula ketika terjadi peradangan di organ hati atau liver dan lama-kelamaan bisa rusak. Gejala yang ditampakkan tubuh ditandai dengan warna kulit menguning, rasa begah pada perut, mual dan demam.

6. Tumor atau kanker saluran cerna
Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan. Obat yang digadang-gadang bisa menyembuhkan belum ditemukan. Pengobatan yang dilakukan hanya mencegah dan menghambat perkembangan dari sel kanker. Beberapa organ yang terserang yaitu usus besar, pankreas, kandung kemih dan organ lainnya pada saluran cerna.

Jika Anda menderita penyakit seperti di atas, Anda bisa langsung ke dokter spesialis. Dokter akan melakukan peran dan tugasnya sebagai dokter spesialis. Diantaranya mendiagnosis dan menangani penyakit baik itu akut atau kronis yang dilakukan dengan tindakan non-bedah. Memberikan rekomendasi perawatan atas penyakit yang diderita pasien. Memberikan pemahaman tentang kesehatan secara umum, termasuk bagaimana menjaga kesehatan dan pencegahan terhadap penyakit.

Tidak ada orang yang ingin sakit. Pepatah kuno mengatakan “sehat mahal harganya” adalah benar. Dengan diberi kesehatan Anda bisa melakukan aktivitas dengan normal. Melakukan banyak hal yang menantang dan bisa mengambil banyak kesempatan atau peluang. Tetapi, jika ada yang harus mengalami hal tersebut jangan takut untuk segera periksa. Apabila Anda berada di Pusat Jakarta, Anda bisa berobat pada dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi di Jakarta Pusat.

Semoga bermanfaat!

1 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages