Cara Mengobati Cedera Saraf Tulang Belakang - Blog Thomas

Blog Thomas

Thomasdepourquery.com

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Cara Mengobati Cedera Saraf Tulang Belakang

Share This
Saraf Tulang Belakang

Sumber : halodoc.com

Cara mengobati cedera saraf tulang belakang tentu harus dengan anjuran doker, karena akan banyak tahap yang harus dilakukan dalam mengobatinya, salah satunya adalah mendiagnosis seberapa parah cedera saraf yang terjadi dan harus ditangani dengan cara apa. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti terapi atau bahkan bisa jadi harus dilakukan sebuah operasi.

Cedera tulang belakang sendiri merupakan sebuah trauma langsung pada saraf tulang belakang atau kerusakan tidak langsung pada tulang dan jaringan lunak seperti pembuluh darah di sekitar sumsum tulang belakang dan kerusakan sumsum belakang ini akan berdampak pada hilangnya fungsi tubuh seperti mobilitas/pergerakan atau sensitivitas.

Kapan Harus Memeriksakannya Ke Dokter ?
Siapa saja yang mengalami sebuah trauma signifikan pada kepala atau leher membutuhkan evaluasi medis dengan sesegera mungkin, karena semakin cepat pengobatannya maka akan semakin baik, tetapi jika tertunda pengobatannya maka akan semakin buruk atau akan terjadi komplikasi dan semacamnya. Dan lebih baik jika mengasumsikan korban trauma pasti memiliki cedera tulang belakang.

Cedera saraf tulang belakang yang serius tidak selalu dapat terlihat dengan jelas sesegera mungkin, jika tidak dapat dikenali maka cedera yang lebih parah dapat terjadi. Mati rasa atau kelumpuhan dapat terjadi dengan segera atau muncul secara bertahap sebagai pendarahan atau pembengkakan yang terjadi disekitar sumsum tulang belakang.

Mengasumsikan seseorang yang mengalami  trauma memiliki kondisi ini akan membuat kita menjadi lebih waspada dan akan siap seandainya korban trauma benar-benar terkena cedera tulang belakang. Jika anda mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan diatas, maka pada saat itu pula anda harus mulai bergegas untuk memeriksakannya ke dokter.

Bagaimana Cara Tulang Belakang Didiagnosis ?
Setelah mengalami yang diasumsikan melibatkan tulang belakang, anda mungkin akan dibawa ke ruang gawat darurat rumah sakit. Dan disana pihak rumah sakit akan memeriksa anda dengan sangat hati-hati, seperti menguji fungsi sensorik dan pergerakan, serta menanyai anda dengan beberapa pertanyaan terkait kecelakan yang anda alami.

Dengan demikian cara mengobati cedera saraf tulang belakang ini harus dengan anjuran dokter, karena jika orang yang mengalami hal tersebut mengeluhkan nyeri leher, tidak sepenuhnya sadar atau menunjukan tanda-tanda kelemahan atau cedera neurologis yang sangat jelas, beberapa tes darurat mungkin akan diperlukan seperti tes X-ray atau computerized tomography (CT) scan.

Apa Saja Pengobatan Untuk Cedera Tulang Belakang ?
Cara mengobati cedera saraf tulang belakang secara langsung untuk saat ini tidak ada acara untuk menyembuhkan kerusakan pada sumsum tulang belakang, namun para peneliti terus bekerja dengan pengobatan yang barus termasuk prosthesis (bagian tubuh buatan) dan obat-obatan yang dapat mendukung regenerasi sel saraf atau meningkatkan fungsi saraf yang tersisa setelah cedera tulang belakang.

Karena pengobatan untuk cedera tulang belakang belum tersedia, untuk saat ini pengobatan cedera tulang belakang lebih berfokus pada pencegahan cedera lebih lanjut dan mendukung agar penderitanya bisa kembali kedalam kehidupan yang aktif dan produktif. Selain itu juga bisa melakukan semacam perawatan untuk memperbaiki cedera yang terjadi.

Cara mengobati cedera saraf tulang belakang dalam sebuah perawatannya bisa dengan terapi air dengan menggunakan air untuk meredakan nyeri, mengobati penyakit dan menjaga kesehatan, seperti berendam air hangat dan garam mineral. Atau bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti dagi sapi merah, dan vitamin B12 seperti daging ayam dan telur.

Sumber : hallosehat.com

1 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages