Cara Rehabilitasi Pecandu Game Online yang Wajib Anda Tahu - Blog Thomas

Blog Thomas

Thomasdepourquery.com

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Cara Rehabilitasi Pecandu Game Online yang Wajib Anda Tahu

Share This
Kecanduan Game Onlne

Game online adalah salah satu permainan anak millenialyang sedang hits di era sekarang ini. Seiring bertambahnya game online di pasaran, minat para millenial pun semakin meningkat. Hal ini justru akan membuat anak millenial menjadi candu untuk tetap bermain game online. 

Kecanduan ini akan menyebabkan menurunya kecerdasan anak dibandingkan dengan sebelum bermain game online. Nah yuk kita simak seputar rehabilitasi pecandu game online yang kami rangkum dari situs gumilar.net.

Cara Untuk Mengatasi Pecandu Game Online 

1. Cognitive Behaviour Therapy 
Terapi kognitif adalah salah satu perilaku yang umumnya digunakan untuk menangani kesehatan mental anak seperti kecemasan dan juga depresi. Namun ternyata, terapi ini juga bisa dilakukan untuk anak yang sedang kecanduan game online. CBT adalah istilah yang lebih umum dari terapi kognitif. Terapi ini merupakan salah satu bentuk dari psikoterapi. 

CBT sendiri memiliki tujuan untuk bisa melatih cara berfikir atau fungsi kognitif dan juga cara beritindak. Sehingga terapi ini lebih dikenal dengan terai kognitif perilaku. Orang yang memiliki ketergantungan terhadap sesuatu, artinya sudah memiliki pola pikir tertentu. Oleh karena itu CBT digunakan untuk memodifikasikan pikiran negatif yang dapat di substitusi dengan pola pikir yang lebih positif. 

Tak hanya untuk gangguan kecemasan,depresi atau juga cara rehabilitasi pecandu game online, terapi kognitif sangat efektif dalam menangani gangguan kesehatan mental. Misalnya saja fobia pada sesuatu, gangguan pola makan, gangguan susah tidur, penyalahgunaan alkohol, gangguan seksual hingga skinofernia. Semua jenis penyakit tersebut bisa disembuhkan dengan cara CBT. 

2. Motivational Interview (MI) 
Motivational interview adalah pendekatan konseling yang telah dikembangakan oleh psikolgi klinis Willian R. Miller dan juga Stephen Rillnick. MI adalah gaya konseling yang berpusat pada klien untuk memunculkan perubahan perilaku dengan mengekplorasi dan menyelesaikan ambivalensi. Metode ini bisa digunakan untuk para remaja yang sudah kecanduan game online. 

Biasanya seorang pasien akan mendaptkan motivasi untuk mengubah perilaku negatif yang sudah menajdi kebiasaan sehari hari. Misalnya saja bermain game online yang bisa dilakukan hingga berjam jam dan menyebabkan lupa waktu. Sehingga seorang mediator akan memiliki motivasi yang sendiri untuk berhenti bermain game online. Metode ini sangat cocok untuk orang remaja dan dewasa muda. 

3. Terapi Perilaku 
Untuk cara terapi pelaku, biasanya akan melibatkan modifikasi lingkungan untuk menurunkan motivasi pasien dalam bermain game online. Hal ini dimaksudkan untuk mengahambat ketergantunganya. Anda bisa membuat rule yang harus dipatuhi oleh semua anak sebagai cara rehabilitasi pecandu game online, sehingga kecanduan pada game akan perlahan sembuh. 

4. Memberikan Waktu Bermain yang Wajar 
Sebagai orang tua tentunya dibutuhkan sikap yang tegas untuk mendidik seorang anak yang kecanduan game online. Anda bisa memberikan beberapa waktu selingan agar anak tidak keseringan. Coba berikan satu jam setiap harinya untuk bermain game online. Anda juga harus membatasi waktu bermainya dengan ketat. Misalnya saja jam 9 malam sudah harus selesai untuk waktu bermainya. 

5. Mengenalkan Anak Pada Hal yang Menyenangkan 
Untuk mengalihkan perhatian sang anak terhadap game online, cobalah untuk mengenalkan kegiatan lain. Misalnya saja kegiatan lapangan seperti sepeda atau juga berlari. Anda juga bisa membelikan buku kesukaanya agar ia banyak membaca. Selalu dukung anak untuk bisa bermain musik atau membiarkanya bermain dengan teman sebayanya di dekat rumah. 

6. Memberikan Game sebagai Reward 
Para orang tua juga bisa membiasakan anak untuk bermain game saat berhasil mendapatkan nilai yang sudah disepakati, sebagai cara rehabilitasi pecandu game online. Anda juga bisa memberikan anak reward bermain game saat sudah selesai membantu pekerjaan rumah. Namun, jika hal ini dilanggar anda harusbertindak tegas dan tidak memberikan kompensasi bermain hingga seminggu lamanya. 

Beberapa tips diatas bisa anda coba untuk anak yang sedang kecanduan game online. Namun apabila bermain game online ini masih saja terus dilakukan, anda bisa membawanya ke pusat rehabilitasi. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Nurul Firdaus yang mampu menyembuhkan berbagai gejala pecandu game online. Dengan membawanya ke pusat rehabilitasi, anak akan terbiasa untuk tidak bermain game online. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages